Purba, Putri Canrayani (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBI) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131048 COVER SKRIP.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103131048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4103131048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103131048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103131048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103131048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103131048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131048 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4103131048 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4103131048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media power point terhadap pembentukan karakter kreativitass dan peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan Ikatan Kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA semester 1 tahun ajaran 2014/2015 yang telah menerapkan kurikulum 2013. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh, penerapan model PBL menggunakan media power point meningkatkan hasil belajar sebesar 77,44% sedangkan penerapan model Direct Instruction menggunakan media power point meningkatkan hasil belajar sebesar 73,07%, serta persen karakter kreativitasyang muncul pada kelas yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantu Power Point yaitu sebesar 71,25 %. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 6,971 > ttabel = 1,671, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan model PBL menggunakan media power point lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model Direct Instruction menggunakan media power point.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 2 Pur p |
Keywords: | Problem Based Learning; Direct Instruction; Kreativitas; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12159 |