Tarigan, Basril Simbarta (2015) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331005 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409331005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
409331005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
409331005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409331005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409331005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409331005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409331005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409331005 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
409331005 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409331005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
409331005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI SMK Perguruan Indonesia Membangun 1 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian adalah 2 kelas, yaitu kelas XI Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 2 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan M3PK dan kelas XI Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 1 sebagai kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran konvensional. Masing-masing kelas bejumlah 36 orang diambil secara purpossive sampling. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji-t dan hasil penelitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata dan Standart Deviasi (SD). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen adalah 30,27 dengan Standart Deviasi 8,53 dan nilai rata-rata post-test sebesar 82,36 dengan standart deviasi 7,317. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol adalah 31,666 dengan Standart Deviasi 10,555 dan nilai rata-rata post-test sebesar 76,11 dengan Standart Deviasi 7,378. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data post-test diperoleh thit 3,6269 sedangkan ttab1,6736 sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan M3PK Simson Tarigan lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | sk15/0073 |
Keywords: | M3PK; Hasil belajar; dan Reaksi Reduksi; Oksidasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12149 |