Ilyas, - (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BUNYI DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
40831028 COVER.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
40831028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
40831028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
40831028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
40831028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
40831028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
40831028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
40831028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
40831028 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
40831028 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
40831028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Bunyi di kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Lubuk Pakam T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Lubuk Pakam yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas VIII-10 sebagai kelas kontrol, diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 34,3 dengan standar deviasi 7,4 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 32,5 dengan standar deviasi 6,5. Hasil uji t diperoleh thitung = 0,993 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitung < ttabel (0,993 < 2,002) maka H0 diterima dengan kata lain bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberi postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,3 dengan standar deviasi 4,9 dan kelas kontrol 67,3 dengan standar deviasi 4,9. Hasil uji t diperoleh thitumg = 7,849 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitumg > ttabel (7,849 > 2,002) maka Ha diterima, dengan demikian kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok Bunyi di kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Lubuk Pakam T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 534.207 12 Ily p |
Keywords: | aktivitas siswa; pemeblajaran kooperatif; pembelajaran konvensional; bunyi; gelombang bunyi; cepat rambat bunyi; frekuensi gelombang bunyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12031 |