Siregar, Epi Dewanti (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP PRIMBANA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111026 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
409111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
409111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
409111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
409111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
409111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
409111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
409111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
409111026 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409111026 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematik tulis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Primbana Medan tahun ajaran 2014/2015 semester ganjil. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Primbana Medan. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 2 kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Kemampuan komunikasi matematik dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan tes essay sebanyak 4 item yang telah valid dengan koefisien reliabilitas 0,71.Nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen adalah 56,445 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 55,859. Dari hasil analisis data pretest dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov, diperoleh nilai signifikansi untuk kelas eksperimen sebesar 0,138 > 0,05 dan kelas kontrol sebesar 0,100 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan data pretest kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretest tidak terdapat perbedaan kedua varians atau dengan kata lain kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,160 < 1,82).Dari analisis data posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 dan dk = 62 diperoleh nilai thitung = 1,961 dan ttabel = 1,667 Sehingga diperoleh thitung> ttabel (1,961>1,667) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematik tulis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematik tulis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMP Primbana Medan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan komunikasi matematik tulis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematik tulis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik tulis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sir p |
Keywords: | komunikasi matematika; Think Pair Share; pembelajaran konvensional; teorema phytagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12024 |