Nasution, Amri Makmur (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TERHADAP SISWA KELAS VIII MTS.AL-JAM� IYYATUL WASHLIYAH TEMBUNG T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111011 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409111011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
409111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
409111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
409111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
409111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
409111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
409111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
409111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
409111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
409111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
409111011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika menggunakan model pembelajaran Guided Teaching dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTs.Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang terdiri dari 9 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 44 orang siswa pada kelas VIII-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran Guided Teaching dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay sebanyak 4 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas, diperoleh uji normalitas data kelas eksperimen diperoleh L0 (0,1085) < Ltabel (0,1336) dan data kelas kontrol diperoleh L0 (0,1106) < Ltabel ((0,1401) sehingga dapat dinyatakan bahwa data kedua kelas adalah berdistribusi normal. Serta diuji homogenitas pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,3154) < Ftabel (1,9306) dan data Postes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,1822) < Ftabel (1,9306). Sehingga dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas adalah homogen. Dari analisis data postes dengan menggunakan uji-t hasil perhitungan diperoleh harga thitung (10,40796) > ttabel (1,99267) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Guided Teaching dengan pembelajaran konvensional pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTs.Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung T.A 2013/2014. Begitu juga dengan ketuntasan belajar siswa di kelas eksperimen diperoleh siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 44 siswa dari 44 siswa dengan rata-rata nilai 83,4659 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%, dan di kelas kontrol diperoleh siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 30 siswa dari 40 siswa dengan rata-rata nilai 71,875 dengan persentase ketuntasan mencapai 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Nas p |
Keywords: | pembelajaran matematika; kemampuan komunikasi matematika; model pembeljaran; guided teaching; persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12013 |