Tirtana, Muhammad Arief (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BAGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SELESAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111011 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4102111011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4102111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4102111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4102111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4102111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4102111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4102111011 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4102111011 DAFTAR RUMUS.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4102111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4102111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
4102111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4102111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4102111011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi daripada tipe Number Head Together (NHT) pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dikelas IX SMP Negeri 1 Selesai T.A 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Selesai dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 yang berjumlah 30 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang disebut sebagai kelas eksperimen A dan kelas IX-2 yang berjumlah 30 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) yang disebut sebagai kelas eksperimen B. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 20 soal.Nilai rata-rata hasil posttest siswa pada kelas eksperimen A adalah 79.5 dengan standar deviasi adalah 8.0247. Nilai rata-rata hasil posttest siswa pada kelas eksperimen B adalah 73.333 dengan standar deviasi adalah 7.1115. Dari hasil analisis data berupa uji normalitas data pretest hasil belajar kelas eksperimen A menunjukkan L_hitung (0.153117)<L_tabel (0.161) dan data pretest hasil belajar kelas eksperimen B menunjukkan L_hitung (0.155245)<L_tabel (0.161). Data postest hasil belajar kelas eksperimen A menunjukkan Lhitung (0.120115)< Ltabel (0,161) dan data posttest hasil belajar kelas eksperimen B menunjukkan Lhitung (0.12598)< Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil analisis data berupa uji homogenitas data postest diperoleh nilai Fhitung = 1,273295. Pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh harga Ftabel = 1,8608. Fhitung < Ftabel maka data pretest dan data postest kedua sampel homogen. Dari uji hipotesis posttest menunjukkan thitung = 3,150 > ttabel = 2,0017 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari pada tipe Number Head Together (NHT) pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dikelas IX SMP Negeri 1 Selesai T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Tir p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran kooperatif; STAD; NHT; bangun ruang sisi lengkung; luas tabung; kerucut; bola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12010 |