Wardani, Damayanti Kesuma (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GALANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111017 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4103111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4103111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4103111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4103111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4103111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4103111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4103111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4103111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4103111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
4103111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 3 Galang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Galang T.A. 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan Bilangan Bulat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika.Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah, diperoleh data sebanyak 9 siswa (32,14%) yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran STAD (siklus I), maka diberikan TKPM I. Dari hasil TKPM I diperoleh data bahwa sebanyak 16 siswa (57,14%) dari 28 siswa (nilainya 2,74) yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara keseluruhan belum mencapai 85% maka dilanjutkan tindakan pada siklus II. Dari hasil TKPM II diperoleh data bahwa sebanyak 24 siswa (85,71%) dari 28 siswa (nilainya 3,15) yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara keseluruhan telah mencapai 85% maka tindakan dihentikan.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 3 Galang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 War m |
Keywords: | hasil belajar siswa; aktivitas belajar; STAD; bilangan bulat; garis bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11966 |