Purba, Bobby Robson (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS IX DI SMP TELADAN PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111014 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4103111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4103111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103111014 DAFTAR IIS.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4103111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4103111014 DAFATR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4103111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4103111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4103111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4103111014 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri pada materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar pada kelas IX SMP Teladan Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Teladan Pematang Siantar yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan inkuiri pada materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa.Berdasarkan hasil tes diagnostik awal diperoleh kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa masih rendah. Hal ini tampak dari persentase siswa pada aspek menggambar sebesar 35,294% (sangat rendah) pada aspek ekspresi matematika 2,941%, pada aspek menulis 0% (sangat rendah).Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan jumlah siswa pada setiap aspek komunikasi matematis siswa setelah siklus I dilaksanakan. Hasil data pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri menunjukkan persentase jumlah siswa yang menguasai komunikasi matematis siswa pada aspek menggambar sebesar 82,36% kategori tinggi, pada aspek ekspresi matematika 55,88% kategori sangat rendah, pada aspek menulis 11,76% kategori sangat rendah. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh peningkatan jumlah yang menguasai aspek menggambar sebesar 97,05% kategori sangat tinggi, pada aspek ekspresi matematika 88,24% kategori tinggi, pada aspek menulis sebesar 73,53% kategori sedang. Dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan nilai 2,46 dan meningkat dengan nilai 2,92 dengan kategori baik pada siklus IIBerdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa menerapkan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar di kelas IX B SMP Teladan Pematang Siantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Pur u |
Keywords: | pembelajaran matematik; komunikasi matematika; pendekatan inkuiri; materi kesebangunan; kekongruenan bangun datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11958 |