Simanjuntak, Julina Sri Wahyuni (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDEDDAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS VII SMP KATOLIK TRISAKTI 2 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111069 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408111069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
408111069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408111069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408111069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
408111069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111069 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408111069 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
408111069 BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
408111069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
408111069 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended lebih baik dari pendekatan pembelajaran ekspositori di Kelas VII SMP Katolik Trisakti 2 Medan T.A 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Katolik Trisakti 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik randomsampling. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas VII yang kemudian diambil dua kelas, yaitu kelas VIIA dan kelas VIIB. Kelas eksperimen I (VIIA) pendekatan pembelajaran Open-Ended dan kelas eksperimen II (VIIB) diajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. Banyak siswa untuk masing-masing kelas adalah 40 orang. Instrumen penelitian berupa tes yang berbentuk essaytest sebanyak 3 soal. Sebelum tes diberikan pada siswa terlebih dahulu divalidkan kepada dua orang dosen dan seorang guru matematika.Pengujian hipotesis dilakukan setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematik siswa adalah 71,25 dengan nilai terendah 57 dan tertinggi 86 dan standar deviasi 7,65. Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematik siswa pada kelas eksperimen II adalah 52,175 dengan nilai terendah 43 dan tertinggi 67 dan standar deviasi 6,67. Dari hasil analisis data posttest kelas eksperimen I diperoleh L < L (0,1330 < 0,1401) dan data posttest kelas eksperimen II diperoleh L < L (0,1336<0,1401), sehingga disimpulkan data posttest kedua kelas adalah normal. Dari uji homogenitas data posttest adalah homogen, karena < (1,32< 1,7150). Kemudian dari uji hipotesis data posttest siswa diperoleh dk = 78 dan taraf nyata α = 0,05 dan thitung = 11,52 sedangkan ttabel= 1,994 ternyata thitung> ttabel maka Ha diterima dan menolak Ho. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended lebih baik daripada pendekatan pembelajaran ekspositori di kelas VII SMP Katolik Trisakti 2 Medan T.A 2013/2014.Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata di kelas eksperimen I sehingga disarankan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika pada materi Persamaan Linier Satu Variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.807 1 Sim p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Komunikasi; Pendekatan Pembelajaran; Open-Ended; Ekspositori; Linier Satu Variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11802 |