PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK KELAS X SEMESTER II SMA RAKSANA MEDAN T.A 2013/2014

Siahaan, Herta Ruminta (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK KELAS X SEMESTER II SMA RAKSANA MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121031 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121031 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103121031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121031 BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121031 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4103121031 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa, aktifitas siswa selama mengikuti pembelajaran, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada materi pokok Gelombang Elektromagnetik di SMA Raksana Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Raksana Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-1 (kelas eksperimen) dan kelas X-2 (kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan lembar observasi untuk aktivitas. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dua pihak untuk pretes dan uji Wilcoxon untuk postes.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 22,57 dengan standar deviasi 10,25 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 25,28 dengan standar deviasi 8,65, dengan uji F diperoleh Fhitung sebesar 1,40 dan Ftabel sebesar 1,76. Karena Fhitung < Ftabel (1,40< 1,76), maka hasil pretes untuk kedua kelas mempunyai varians yang sama (homogen). Kemudian diperoleh ttabel < thitung < ttabel (-1,997 < -1,194< 1,997) maka disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Setelah itu kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 66,28 dengan standar deviasi 10,31 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 64,85 dengan standar deviasi 12,51. Data kelas eksperiman tidak berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon pada = 0,05 dan n1=n2=35 diperoleh Zhitung < Ztabel atau -2,15 < -1,96 sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang elektromagnetik di SMA Raksana Medan. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I s/d II sebesar 71,83 dengan kategori cukup aktif dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I s/d II sebesar 50,98 dengan kategori kurang aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 539.207 12 Sia p
Keywords: Gelombang Elektromagnetik; Medan Listrik; Hipotesis Maxwell; Spektrum Gelombang; Elektromagnetik; Sinar Gamma; Sinar X; sinar Tampak; Sinar Inframerah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 18 Aug 2016 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item
View Item