Sinaga, Ema Yesha (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN PEMUAIAN DI KELAS X SEMESTER IISMA NEGERI 1 DELITUAT.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121022 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103121022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4103121022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4103121022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103121022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103121022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4103121022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103121022 BAB I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
4103121022 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan pemuaian di kelas X semester II SMA Negeri 1 Delitua.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Delitua yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 42,30 dan nilai rata-rata pretes kelas control 41,66. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1378 dan Ltabel = 0,1610, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1394 dan Ltabel = 0,1610, karena Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,289 dan ttabel = 1,982, karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan kelas kontrol dengan model konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,50 dan kelas kontrol 63,00. Pada pengujian normalitas untuk postes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,0918 dan Ltabel = 0,1610, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1210 dan Ltabel = 0,1610, karena Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 5,223 dan ttabel = 1,671, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan pemuaian di kelas X SMA Negeri 1 Delitua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.507 12 Sin p |
Keywords: | Model Pembelajaran; STAD; Kooperatif; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Suhu dan Pemuaian; Termometer; Skala Kelvin; Skala Fahreinhit; Pemuaian; Kalor dan Perubahan Wujud |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11749 |