Daulay, Nora Hawari (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK TEKANAN KELAS VIIISMP NEGERI 5 STABAT T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121046 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103121046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4103121046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4103121046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103121046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103121046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103121046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103121046 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
4103121046 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4103121046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4103121046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted individualization) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester II pada materi pokok tekanan di kelas VIII semester II SMP Negeri 5 Stabat T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 5 Stabat yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 320 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 42,38, dan nilai rata-rata kelas kontrol 41,88. Setelah dianalisis kedua data normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 67,13 dan kelas kontrol 60,13. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 63,66 termasuk kategori aktif. Dengan demikian diperoleh ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model konvensional pada materi pokok tekanan di kelas VIII semester II SMP Negeri 5 Stabat T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Dau p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; TAI; Tekanan; Zat Padat; Hydrostatis; Hukum Pascal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11748 |