Sitanggang, Aksaria Negriwaty (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGANMETODE PEMECAHAN MASALAH DAN METODE KOOPERATIFTIPE JIGSAW POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIERDUA VARIABEL PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1MEDAN TAHUN AJARAN 20012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
8124410001 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8124410001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8124410001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
8124410001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8124410001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8124410001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8124410001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8124410001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8124410001 BAB I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
8124410001 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8124410001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaankemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan metodepemecahan masalah lebih baik dibandingkan dengan metode kooperatif tipe JigsawdikelasX SMA Negeri1 Medan.Jenis penelitianini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Medan yang berjumlah 12 kelas kelas. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas secara acak yang dibagi menjadi kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B yang masing-masingberjumlah 32 orangsiswa.Di kedua kelas diberikanpembelajaran Matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Pada kelas eksperimen A diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pemecahan masalahsedangkan di kelas eksperimen B menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis, pada kelas eksperimen A diperoleh rata - rata pretes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 50,13 dan postes73,97 maka tingkatperubahan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 23,84. Sedangkan pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-rata pretes 47,22 dan postes 62,88 maka tingkat perubahan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 15,66.Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji - tyaitu uji satu pihak. Berdasarkan uji - t yang diperoleh di dapat thitung=1,950 danttabel = 1,670 pada taraf signifikan (α = 0,05) dan dk = 32 + 32
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sit p |
Keywords: | Masalah Dalam Matematika; Alat Evaluasi; Metode; Pengelolaan Kelas; Sistem Persamaan Linier Dua Variabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11740 |