Suriaita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN METODE CURAH PENDAPAN (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XSEMESTER II MAN 1 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321046 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4103321046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4103321046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103321046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4103321046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4103321046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103321046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103321046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4103321046 BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4103321046 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4103321046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan metode curah pendapat(brainstorming) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan yangberjumlah 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster randomsampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang untuk kelas eksperimen dan43 orang untuk kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajarandiberikan pada kedua kelas terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelaseksperimen diperoleh nilai rata-rata 44,7619 dan untuk kelas kontrol diperolehnilai rata-rata 45,9302. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas pretessiswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal danhomogen dengan uji t diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama.Selanjutnya, diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GIdengan metode curah pendapat pada kelas eksperimen dan pembelajarankonvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian padakedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 75,8333 untukkelas eksperimen dan nilai rata-rata 64,5349 untuk kelas kontrol. Aktivitas siswapada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan metodecurah pendapat diperoleh rata-rata pada pertemuan I sebesar 56% (Cukup Aktif),pada pertemuan II sebesar 70% (Aktif), pada pertemuan III sebesar 79% (Aktif)dan pada pertemuan IV sebesar 83% (Sangat Aktif). Dari hasil uji normalitas danhomogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalahberdistribusi normal dan homogen.Dari hasil uji hipotesis thitung = 4,1096 dengan taraf nyata α = 0,05diperoleh ttabel = 1,6662 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehinggadisimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh modelpembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan metode curahpendapat (brainstorming) pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester IIMAN 1 Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Sur p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; Group Investigation; Cerah Pendapat; Hasil Belajar; Aktivitas; Suhu; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11709 |