Siregar, Hotlina (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim (409411015) COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. Nim (409411015) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. Nim (409411015) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. Nim (409411015) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. Nim (409411015) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. Nim (409411015) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. Nim (409411015) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. Nim (409411015) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. Nim (409411015) Bab I.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
10. Nim (409411015) Bab V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
11. Nim (409411015) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
12. Nim (409411015) RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada materi lingkaran di kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Medan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan yang terdiri dari 12 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen A yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen B yang diterapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan masing-masing jumlah sampel 26 orang dalam tiap kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk essay yang berjumlah 5 soal. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen A 39,27 dan postes 80,23 sedangkan kelas eksperimen B rata-rata pretes 34,27 dan postes 75,73. Dengan menggunakan uji statistik t pada taraf dalam pembuktian hipotesis diperoleh =1,807 dan =1,6675 karena harga > , artinya Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sir p |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran; Kooperatif; Tipe NHT; Materi; Lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11672 |