Parinduri, Harianisyah (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKAREALISTIK DI KELAS V SD NEGERI 101774 PERCUTSEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANGTAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 408111057 Cover.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. 408111057 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
3. 408111057 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. 408111057 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. 408111057 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. 408111057 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. 408111057 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 408111057 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
10. 408111057 BAB 1.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
11. 408111057 BAB 5.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
12. 408111057 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. 408111057 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada sub materi pokok bilangan bulat positif di kelas V SD Negeri 101774 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 101774 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas siswa kelas V SDN 101774 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2013/2014 terhadap pelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR). Kreativitas siswa dalam belajar matematika yang diukur pada penelitian ini adalah kemampuan siswa yang mencerminkan kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kemampuan untuk memperinci suatu gagasan (elaboration), serta keaslian (originality) dalam berpikir untuk menemukan jawaban atau solusi bervariasi yang bersifat baru dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kreativitas untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa dalam belajar matematika. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kreativitas siswa dalam belajar sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 51,04. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kreativitas siswa dalam belajar matematika adalah rendah dengan nilai rata-rata kelas 63,89 dengan 19 siswa atau 52,78% dari keseluruhan siswa telah mencapai tingkat ketuntasan secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kreativitas siswa dalam belajar matematika adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 82,12 dimana jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan sebanyak 31 orang atau 86,11% dari seluruh siswa. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 2,71 dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik. Berdasarkan rata-rata tingkat kreativitas siswa dalam belajar matematika terbukti adanya peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dengan pemberian tindakan tambahan, yaitu dengan memaksimalkan pemberian petunjuk dan bimbingan kepada seluruh siswa, mengurangi jumlah siswa pada tiap kelompok dari enam siswa menjadi empat siswa dalam tiap kelompok, dan mengadakan turnamen, dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar matematika di kelas V pada materi operasi hitung bilangan bulat di SD Negeri 101774 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.720 71 Par u |
Keywords: | Belajar Matematika; Kreativitas; Matematika Realistik; Operasi Bilangan; Penjumlahan; Pengurangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11629 |