Hasibuan, Maya Wulandari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 KISARAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421012 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409421012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409421012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409421012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409421012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
409421012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409421012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409421012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409421012 BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
409421012 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409421012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu media peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester I pada materi pokok zat dan wujudnya kelas VII Semester I SMP N 6 Kisaran T.P. 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre–test dan post–test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas, yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Instrumen digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasikan. Uji Hipotesis menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 37,25 dengan standar deviasi adalah 7,24 dan nilai rata–rata kelas kontrol sebesar 36,63 dengan standar deviasi adalah 7,79. Pada pengujian Normalitas kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1270 < 0,1401, untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1332 < 0,1401, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,208 < 1,750 sehingga maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk hasil analisis data dari uji beda diperoleh thitung = 0,369 < ttabel = 1,991 H0 diterima, berarti bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 72,50 dengan stadar deviasi adalah 12,40 dan kelas kontrol sebesar 60,63 dengan standar deviasi adalah 11,28. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk postes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1062 < 0,1410 maka kels berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data postes kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,208 < 1,750 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel = 4,479 > 1,666, sehingga Ha diterima. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang positif. Pada pertemuan I rata-rata aktivitas siswa adalah 58,75, pertemuan II adalah 70,37, dan pertemuan III adalah 84,00. Dari hasil uji t ada pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantu media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya kelas VII Semester I SMP N 6 Kisaran T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 1 Has p |
Keywords: | Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Model Pembelajaran; NHT; Media Pembelajaran; Peta Konsep; Zat dan Wujudnya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11617 |