Simorangkir, Rinces (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DI SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131054 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103131054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 4103131054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4103131054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4103131054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103131054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103131054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4103131054 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
4103131054 BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4103131054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media peta konsep dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kimia di SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK kelas XI jurusan otomotif pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pretes-postes pada eksperimen adalah 31,5; 85,333, sedang rata-rata nilai pretes-postes pada kelas kontrol adalah 35,8; 80,666. Pada uji normalitas dengan teknik Uji Chi Kuadrat pada tingkat signifikansi 0,05, data penelitian ini berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan teknik Fhitung pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan data ini adalah homogen. Dengan demikian, berdasarkan uji beda nyata dengan teknik statistik-t pada tingkat signifikansi 0,05 dapat dinyatakan bahwa Hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan media peta konsep dengan model STAD lebih tinggi daripada yang diberi pengajaran tanpa menggunakan media peta konsep dengan model STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Sim p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif STAD; Manfaat Media; Peta Konsep; Reaksi Reduksi dan Oksidasi; Korosi; Logam; Korosi Pada Aluminium |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11596 |