Hasanah, Khuswatun (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINSUR PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD( STUDENTS TEAMS ACHIVIEMENTS DIVISION ) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331030 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409331030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409331030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409331030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
409331030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409331030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409331030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
409331030 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
409331030 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409331030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409331030 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta PABA Binjai untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu dominsur pada pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa (kelas eksperimen1) dan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa media kartu dominsur (eksperimen II). Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu dominsur terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur.Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dan diperoleh thitung = 3,52 sedangkan ttabel = 1,667 untuk α = 0,05 dan db = 78. Dengan demikian t > -t ½α dan t > t ½α, maka Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu dominsur pada pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 41,58% sedangkan persen peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 sebesar 31,02%.Dengan melihat persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberi pengajarkan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu dominsur pada pokok bahasan sistem periodik unsur, maka model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu dominsur ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia dengan materi pokok lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 1 Has p |
Keywords: | Belajar Kimia; Model Pembelajaran Kooperatif; STAD; Kartu Dominsur; Sifat Periodik Unsur; Periode Golongan; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11572 |