Hayati, Nurmala (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP BHAYANGKARI MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110013 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
071244110013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
071244110013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
071244110013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071244110013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
071244110013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
071244110013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
071244110013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
071244110013 BAB I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
071244110013 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
071244110013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana: (1) meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) meningkatkan kemampuan kreativitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsawPenelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Bhayangkari Medan dan jumlah subjeknya dalam kelas ini ada 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas siswa berbentuk isian, tentunya instrumen yang digunakan sudah memenuhi syarat validasi dengan koefiesien reliabilitas sebesar (0,852) untuk kemampuan pemahaman konsep dan (0,813) untuk kemampuan kreativitas siswa. Untuk mengetahui kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran diperoleh dari lembar pengamatan yang dilakukan pada tiga pengamat.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh sebagai berikut: (1) rerataan kemampuan kreativitas siswa 69,50 (2) rerataan pemahaman konsep siswa 63,90, (3) persentase penguasaan guru dalam pembelajaran hanya 67,85% dan (4) siswa yang mencapai ketuntasan hanya 56,25%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II, sehingga hasil yang diperoleh pada siklus II sebagai berikut: (1) rerataan kemampuan pemahaman konsep siswa tercapai sesuai dengan yang diharapkan sebasar 79.4, (2) rerataan kemampuan kreativitas tercapai dengan nilai rata-rata 75.50, (3) persentase penguasaan guru juga sesuai dengan target yaitu sebesar 89,75 dan (4) presentase ketuntasan siswa sebesar 83,75%. Berdasarkan hasil pada siklus II setiap aspek telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sehingga penelitian tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Hay p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Konsep; Hakikat Kreativitas; Kooperatif; Sintaks; Tipe Jigsaw; Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11561 |