Hutagalung, Renata M. (2014) PENYEDIAAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA LARUTAN ELEKTROLIT NONELEKTROLIT INOVATIF SESUAI KURIKULUM 2013 BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131044 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103131044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
4103131044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103131044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103131044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4103131044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103131044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103131044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103131044 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4103131044 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103131044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Menggunakan Modul dan pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan LKS dan Buku Teks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 MEDAN yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas yaitu kelas X 3 dan sebagai kelas eksperimen dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Menggunakan Modul dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan LKS dan Buku Teks. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,75 ± 11,74 dan nilai rata-rata postest adalah 79,375 ± 9,28 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 54,37 ± 13,40 dan nilai rata-rata postest adalah 73,875 ± 8,65. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen diperoleh 0,61 dan nilai rata-rata gain untuk kelas kontrol dalah 0,43. Uji normalitas gain kelas eksperimen diperoleh χ 2 hitung = 7,18 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk gain kelas kontrol diperoleh χ 2 hitung = 5,19 dan dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk gain diperoleh Fhitung = 1,028 dan Ftabel = 1,725, maka sampel homogen. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung= 2,6307 dan ttabel = 1,6671, sehingga Diperoleh thitung = 2,6307 berada pada daerah penolakan Ho di mana, thitung > ttabel (2,6307 > 1,6671) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Modul Inovatif Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11552 |