Saragih, Feni Oktavia (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131023 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103131023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
4103131023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103131023 ASBTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103131023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103131023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103131023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103131023 BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
4103131023 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103131023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Praktikum terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Koloid. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 siswa dengan teknik pengambilan sampel dengan cara acak (random sampling) sehingga diperoleh yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Praktikum dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 22,91 dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 21,25. Setelah diberi perlakuan maka diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 88,47 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 76,25. Semua data pre-test dan post-test diuji normalitas dan hasilnya seluruh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui bahwa kedua kelas homogen. Dari diperoleh persentase peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai gain kelas eksperimen adalah sebesar 85,32% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai gain kelas kontrol adalah sebesar 69,86%, sehingga penelitian memiliki selisih peningkatan hasil belajar sebesar 15,46% di sekolah SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t satu pihak, sehingga diperoleh thitung > ttabel (8,31> 1,98) sehingga Ha diterima. Yang berarti metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar yang meliputi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Dengan melihat keberhasilan belajar siswa, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Praktikum ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.354 071 2 Sar p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Contextual Teaching Learning; Metode Praktikum; Koloid; Sistem Koloid; Jenis Koloid; Pembuatan Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11550 |