Sinaga, Roni Rohmauli (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 10 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121060 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103121060 LEMBAR P[ENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4103121060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103121060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103121060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4103121060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103121060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103121060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121060 BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
4103121060 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103121060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa. Serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional dan yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT menggunakan media peta konsep dan juga mengetahui bagaimana aktifitas siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT menggunakan media peta konsep. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-postes design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 10 Medan yang terdiri dari 14 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 14 kelas secara acak yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-M sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa ada dua yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 25 soal yang terdiri dari 4 option dan lembar observasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,6 dengan standar deviasi 7,81, dan nilai rata-rata kelas kontrol 34,4 dengan standar deviasi 7,90. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1306 dan Ltabel = 0,161 untuk kelas kontrol dengan Lhitung =0,1049 , dan Ltabel = 0,161, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung =1,025 dan Ftabel = 2,58 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT menggunakan media peta konsep dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 79,86 dengan standar deviasi 5,40 dan kelas kontrol 6,84 dengan standar deviasi 7,52 . Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah termasuk kategori aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 6,7 dan ttabel =2,002, sehingga thitung > ttabel ( 6,7>2,002) maka H diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT menggunakan media peta konsep di kelas VIII semester II SMP N 10 Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Sin p |
Keywords: | Numbered Head Together; aktivitas belajar; model pembelajaran; hasil belajar; pembelajaran konvensional; media; peta konsep; cahaya; pemantulan cahaya; cermin dan sifat bayangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11514 |