Solikin (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK OPTIK GEOMETRI DI KELAS XI SMK TRITECH MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121075 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4103121075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4103121075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4103121075 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4103121075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4103121075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103121075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103121075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103121075 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4103121075 BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4103121075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok optik geometri di kelas XI semester 2 SMK TRITECH. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas XI semester 2 SMK TRITECH Medan yang terdiri dari 16 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas XI MEX 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas XI MEX 3 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 36,50 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 34,75. Hal ini berarti kemampuan awal kelas eksperimen dan kontrol masih sama-sama rendah. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 83,00 sedangkan pada kelas dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 75,75. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,50 > 1,90 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 38. Hal ini berarti ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok optik geometri di kelas XI SMK TRITECH Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.32 071 2 Sol p |
Keywords: | STAD; hasil belajar fisika; pembelajaran konvensional; optik geometri; cahaya; pembiasan cahaya; pemantulan cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11502 |