Rangkuti, Khoirunnisa (2014) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTIN, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN TAHUN PEMBELAJ. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141012 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4102141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4102141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4102141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4102141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4102141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4102141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4102141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4102141012 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4102141012 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4102141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan srategi PQ4R terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes objektif dan uraian sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 164 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling yang terdiri dari 2 kelas, dimana kelas XI IPA 2 dijadikan sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran ceramah dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, dan kelas XI IPA 3 dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi PQ4R dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 80 orang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya pengaruh hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata post-tes hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 81,92 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 77,37, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah sebesar 67,58 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah sebesar 74,37. Adanya pengaruh penggunaan strategi PQ4R terhadap hasil belajar siswa terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dengan taraf signifikan α = 0,05, dimana Fhitung > Ftabel ( 24,8 > 3,99 ), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2013/2014, sedangkan untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi tidak ada pengaruh penggunaan strategi PQ4R terbukti dari pengujian hipotesis yaitu (Fhitung < Ftabel) (1,32 < 3,99).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Ran p |
Keywords: | strategi belajar; PQ4R; ekskresi pada manusia; paru- paru; ginjal; urine; kulit; epidermis; dermis; usus besar; hati; penyakit pada ekskresi pada manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11495 |