Lumbantoruan, Sulastri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KALOR SISWA KELAS VII SMPNEGERI 1 PAGARAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121028 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4101121028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4101121028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4101121028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4101121028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4101121028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101121028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101121028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101121028 BAB I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
4101121028 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101121028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran induktif dengan menggunakan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar pada materi kalor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagaran. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dan desain penelitian adalah two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagaran yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari kelas secara acak yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotorik. Pengujian instrumen tes hasil belajar adalah dengan uji t satu pihak, sedangkan lembar aktivitas belajar siswa, instrumen penilaian afektif dan psikomotorik dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran induktif dengan menggunakan animasi macromedia flash sebesar 77,3 dan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 63,2. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model induktif dengan menggunakan animasi macromedia flash peningkatan aktivitas berada pada kriteria sedang dan dengan pembelajaran konvensional peningkatan aktivitas berada pada kriteria rendah. Berdasarkan analisis hasil analisis uji t, bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran induktif dengan menggunakan animasi macromedia flash pada materi kalor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagaran T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Lum p |
Keywords: | Nodel Induktif; Macromedia Flash; Hasil belajar; Aktivitas Konvensional; kalor; Zat; Massa Zat; Massa Jenis; Perpindahan Kalor; Konduksi; Konversi; Radiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11479 |