Fahmi, Khazali (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 10MEDAN T.P 2013/2014�. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101321002. COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4101321002. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4101321002. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4101321002. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4101321002. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101321002. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101321002. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101321002. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101321002. BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4101321002. BAB V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4101321002. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan akibat Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis Kelas X semester 2 SMA Negeri 10 Medan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas X-1 dan X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen berupa tes soal pilihan berganda dan lembar observasi serta telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar dan aktivitas siswa.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 39,17 dan 34,47. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh -ttabel < thitung < ttabel (-1,993< 1,481< 1,993), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh data postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 73,61 dan 61,71. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (4,179 > 1,667) maka H diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat model pembelajaran Kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Fah p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Konvensional; Pembelajaran Koperatif; Listrik Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11475 |