Indiraloka, Ratna (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 TAKENGON T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321039 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
409321039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
409321039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
409321039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409321039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
409321039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409321039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409321039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409321039 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
409321039 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409321039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X SMA Negeri 1 Takengon TP. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Takengon yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis peta konsep dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 52,4 dengan standar deviasi 13,0 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 53,3 dengan standar deviasi 13,6. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretest diperoleh (-1,994 < -0,3386 < 1,994), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis peta konsep dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 82,24 dengan kategori nilai A. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,6 dengan standar deviasi 10,3 dan kelas kontrol 60,8 dengan standar deviasi 12,9. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postest diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postest diperoleh bahwa thitung = 5,5304 dan ttabel =1,994, sehingga thitung > ttabel (5,5304 > 1,994) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester Ganjil SMA Negeri 1 Takengon TP. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Ind p |
Keywords: | quasi eksperimen; peta konsep; kooperatif; STAD; pembelajaran konvensional; metod eceramah; metod etanya jawab; metode tugas; peta konsep |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11468 |