PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE CS THINK-PAIR-SHARE TPS MATERI EKOSISTEM DI SMA N 1 MERANTI TAHUN 2013-2014

Ridiatami, Ayunda (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE CS THINK-PAIR-SHARE TPS MATERI EKOSISTEM DI SMA N 1 MERANTI TAHUN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101141005 COVER.pdf]
Preview
Text
4101141005 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4101141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101141005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4101141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4101141005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4101141005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005  BAB 1.pdf]
Preview
Text
4101141005 BAB 1.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005  BAB V.pdf]
Preview
Text
4101141005 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4101141005  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4101141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kecakapan sosial siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script CS dan tipe Think Pair Share TPS pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Meranti Tahun Pembelajaran 2013 2014 Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh kelas X sebanyak 4 kelas Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas dimana menjadi kelas X 1 yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CS dan X 2 yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS Jumlah sampel masing-masing sampel adalah 32 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket Tes berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal untuk soal pretes dan postes adalah sama dan angket terdiri dari 20 soalBerdasarkan hasil uji persyaratan data pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Meranti terdapat perbedaan hasil belajar dan kecakapan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CS dan TPS Pada penelitian ini hasil belajar siswa pada kelas X 2 TPS dengan rata rata 9012 lebih baik dibandingkan di kelas X 1 CS dengan rata-rata 83 37 Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf signifikan 0 01 dimana thitung ttabel 4 078 2 658 yang berarti dalam ini H01 ditolak dan Ha1 diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CS dan TPS pada materi ekosistem in SMA Negeri 1 Meranti tahun pembelajaran 2013 2014 Sedangkan hasil kecakapan sosial siswa pada kelas X 2 TPS dengan rata rata 69 06 lebih baik dibandingkan di kelas X 1 CS dengan rata rata 63 37 Adanya perbedaan hasil kecakapan sosial siswa tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan pada taraf signifikan 0 01 dimana thitung ttabel 3 624 2 658 yang berarti dalam ini H01 ditolak dan Ha1 diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara hasil kecakapan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran CS dan TPS pada materi ekosistem in SMA N 1 Meranti tahun pembelajaran 2013-2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577.107 12 ria a
Keywords: Hasil belajar; Kecakapan sosial; Model pembelajaran; Kooperatif; Croperative sctipt; Thistik Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 09:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11449

Actions (login required)

View Item
View Item