Fitriatini, Suci (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DANAKTIVITAS SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SERBAJADI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141076 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
4013141076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103141076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
.4103141076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
.4103141076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103141076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4103141076 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4103141076 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103141076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi belajar Peta Konsep terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada sub materi pokok Sistem Saraf Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 serbajadi Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2014. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa dengan teknik total sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda terdiri dari 28 item soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil uji coba instrumen diperoleh dari 50 item soal yang diujicobakan terdapat 28 item soal yang valid, kemudian soal yang valid tersebut selanjutnya dijadikan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga indikator yaitu: ketuntasan belajar secara individu dan klasikal, tingkat penguasaan siswa dan ketuntasan pencapaian indikator. Aktivitas belajar siswa juga diamati selama proses belajar berlangsung. Hasil analisis data secara deskriptif, keefektifan strategi belajar Peta Konsep dalam penelitian ini dapat dilihat dari persentase tingkat penguasaan siswa yang tergolong tinggi yaitu 84,04%, ketuntasan belajar secara klasikal tergolong tuntas dengan persentase 86,67 %, ketuntasan pencapaian indikator telah tercapai dengan persentase 100% dan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran tergolong sangat tinggi dengan persentase 87,49 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar Peta Konsep pada sub materi pokok Sistem Saraf Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2013/2014 memberikan hasil yang efektif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 573.807 12 Fit e |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Strategi Belajar; Pemetaan Konsep; Langkah-langkah; Sistem Saraf Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11445 |