Ramadhani, Nur Marisya (2014) PENGARUH METODE TIPE JIGSAW DAN TINGKAT INTELIGENSI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA SWASTA SETIA BUDI ABADI BELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141014 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4102141014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4102141014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4102141014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4102141014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4102141014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4102141014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4102141014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4102141014 BAB I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
4102141014 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4102141014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode tipe jigsaw terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014, (2) pengaruh tingkat inteligensi interpersonal terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014, (3) interaksi metode tipe jigsaw dan tingkat inteligensi interpersonal terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2014. Jenis Penelitian ini quasi eksperiment. Jumlah populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling , yang kemudian dilakukan purposive sampling untuk penentuan inteligensi interpersonal terhadap masing-masing siswa yang berjumlah 62 siswa. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis ANAVA dua jalur dengan faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan SPSS 21.0 for windows dengan ketentuan α = 0,05 sebagai taraf signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dipergunakan sudah valid dan reliabel untuk memperoleh data hasil penelitian. Uji hipotesis menunjukkan: (1) terdapat pengaruh metode tipe jigsaw yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 8,968, P = 0,004), (2) terdapat pengaruh inteligensi interpersonal yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 8,203, P = 0,006), (3) tidak terdapat interaksi metode tipe jigsaw dan tingkat inteligensi interpersonal yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 0,976, P = 0,327).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.872 071 2 Ram p |
Keywords: | Intelegensi; Intelegensi Interpersonal; Proses Psikologis; Tipe Jigsaw; Sistem Kekebalan Tubuh |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11439 |