Susila, Eli (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINNGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 SEI KEPAYANG BARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141015 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103141015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4103141015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4103141015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103141015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4103141015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103141015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103141015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103141015 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4103141015 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103141015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking (membuat catatan terbimbing) pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Sei Kepayang Barat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-1 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada postes siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,98 dengan persentase ketuntasan sebesar 58,62% (17 orang siswa yang tuntas). Hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal yaitu ≥85%. Sedangkan pada postes siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,85 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,66% (26 orang siswa yang tuntas) dan hal ini telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Untuk pengamatan aktivitas siswa pada siklus I persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 50,69% yang tergolong kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II persentase rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 66,55% dan tergolong kategori aktif. Berdasarkan uraian data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 578.012 0712 Sus p |
Keywords: | startegi pembelajaran aktif; membuat catatan terbimbing; hasil belajar; aktivitas belajar; makhluk hidup; pengelompokan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11412 |