Hasanah, Arisah (2014) BERJUDUL ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI DI SMA KELAS XII SE-KECAMATAN LABUHAN DELI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341005 JUDUL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103341005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103341005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4103341005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103341005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103341005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4103341005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4103341005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4103341005 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4103341005 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103341005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi bioteknologi di kelas XII dari aspek kognitif, indikator pembelajaran dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi bioteknologi di kelas XII Tahun Pembelajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII se-Kecamatan Labuhan Deli yang berjumlah 175 orang. Sampel diambil secara purposive sampling (sampel bertujuan). Sampel yang diambil adalah SMA Negeri 1 Labuhan Deli, SMA Sinar Husni, SMA Antasari, SMA PAB 6 Helvetia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi Bioteknologi dan angket kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada tingkat pengetahuan (C-1) yaitu sebesar 61,26% Yang dimasukkan ke dalam kategori kesulitan sangat tinggi dengan daya serap 38,74%, persentase kesulitan belajar siswa pada tingkat pemahaman (C2) yaitu sebesar 53,71% yang dimasukkan ke dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada tingkat penerapan C3 sebesar 72,67%. Yang dimasukkan ke dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada tingkat analisis (C4) sebesar 50,74% yang dimasukkan ke dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada tingkat sintesis (C5) sebesa 90,86% yang dimasukkan ke dalam kategori kesulitan tinggi, dan pada tingkat kreasi (C6) sebesar 98,86% dimasukkan ke dalam kategori kesulitan sangat tinggi. Sedangkan persentase kesulitan-kesulitan belajar siswa dari aspek indikator pembelajarannya pada indikator ke-1 yaitu sebesar 49,14% di masukkan ke dalam kesulitan sangat tinggi, pada indikator ke-2 yaitu sebesar 61,34% di masukkan ke dalam kesulitan sangar tinggi, pada indikator ke-3 sebesar 66,77% di masukkan ke dalam kesulitan sangat tinggi, pada indikator ke-4 sebesar 60% di masukkan ke dalam kesulitan sangat tinggi, dan pada indikator ke-5 sebesar 60,15% di masukkan ke dalam kesulitan sangat tinggi. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang mendukung pada materi Bioteknologi yaitu faktor, minat, motivasi, dan materi pembelajaran dan faktor lainnya seperti psikologis, kesehatan, lingkungan keluarga, dan media kurang mendukung dalam menyebabkan kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 576.139 071 2 Has a |
Keywords: | belajar; kesulitan belajar; upaya mengatasi; materi bioteknologi; sejarah perkembangan; kultur jaringan; rekayasa genetika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11411 |