Ritonga, Nurhayati (2014) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES SAINS AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII-B SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P.2013/1014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan proses sains siswa, dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada materi fotosintesis dan gerak pada tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VIII-B SMP Swasta An-nizam Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa. Hasil belajar biologi siswa pada siklus I dikatakan belum tuntas dengan persentase tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 43,33% sehingga di lanjutkan ke siklus II yang dikatakan telah tuntas dengan persentase tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar sebesar 86,67%. Aktivitas belajar biologi siswa yang diamati pada saat pembelajaran mengalami peningkatan, aktivitas siswa pada siklus I 58,23% dan pada siklus II menjadi 69,64%. Sedangkan kemampuan proses sains siswa dengan menerapkan metode inkuiri pada siklus I 57,66% dan siklus II 78,27%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan proses sains, aktivitas belajar dan hasil belajar biologi melalui penerapan metode inkuiri pada materi fotosintesis dan gerak pada tumbuhan di kelas VIII-B SMP swasta An-nizam Medan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581.207 12 Rit p |
Keywords: | proses belajar mengajar; hasil belajar; metode inkuiri; peran guru; penemuan fotosintesis; gerak pada tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11406 |