Sulistriana, Ely (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA YANG DIAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DIBANDINGKAN DENGAN TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131020 COVER.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
4103131020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4103131020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103131020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4103131020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103131020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103131020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103131020 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4103131020 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model kooperatif tipeTwo Stay-Two Stray dengan model tipe STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan yang tediri dari tiga kelas. Kemudian dari tiga kelas dipilih secara acak (random sampling) dua kelas yang dijadikan sebagai sampel kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II.Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS)dengan media mind mapping dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan model kooperatif tipe STAD dengan media mind mapping. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar, digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitis, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen Iadalah 32,125 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II adalah 30,625. Semua data pre-test, post tes,dan Gain diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen.Setelah diberi perlakuan, diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimenI sebesar 81,49% dan peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen IIsebesar73,70%.Hasil uji t diperoleh thitung= 51,427 dan ttabel = 2,006 dengan α = 0,05 sehingga diketahui bahwa thitung berada di daerah kritis dimana daerah kritis berada pada t < -2,006 dan t > 2,006 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Two Stay-Two Stray(81,49%) dengan model tipeSTAD (73,70%) yaitu sebesar 7,79%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Sul p |
Keywords: | belajar kimia; ilmu kimia; model pembelajaran; Two Stay Two Stray; STAD; media mind mapping; atom karbon; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11388 |