Situmorang, Melva Juliana (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA PETA PIKIRANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131040 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103131040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4103131040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103131040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4103131040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103131040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103131040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103131040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103131040 bab i.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4103131040 bab v.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103131040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media peta pikiran lebih tinggi dibanding penerapan model pembelajaran langsung menggunakan media peta pikiran.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Deli Murni Deli Tua, SMA Santa Maria Medan, dan SMAN 1 Percut Sei Tuan yang masing-masing berurutan terdiri dari 3 kelas, 2 kelas, dan 4 kelas. Pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik sampling sederhana dengan mengambil 2 kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think pair share dengan media peta pikiran dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung dengan media peta pikiran. Dari hasil penelitian, untuk hasil belajar kelas eksperimen 1 rata-rata hasil belajar siswa di SMA Deli Murni Deli Tua yaitu sebesar 81,6 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar di SMA Santa Maria sebesar 78,83 dan SMAN Percut Sei Tuan sebesar 78. Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat dilihat peningkatan hasil belajar (gain) lebih tinggi diterapkan di SMA Deli Murni Deli Tua yaitu sebesar 75,87% dibandingkan SMA Santa Maria Medan sebesar 70,02% dan SMAN 1 Percut Sei Tuan sebesar 70,10%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.342 071 2 Sit p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; alur kegiatan; peta pikiran; kelarutan; hasil kali kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11359 |