Sinaga, Amelia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI KELAS VII SMP NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141005 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
4103141005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
4103141005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141005 BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4103141005 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan mengajar di kelas melalui metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi pokok Ekosistem di kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan sebagai subjek penelitian adalah kelas VII-2 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta lembar observasi untuk pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran. Dari hasil analisis diperoleh posttest pada siklus I dengan rata-rata nilai 77,04 dan posttest pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 90,43. Persentase peningkatan aktivitas siswa terjadi pada aktivitas 1 (mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru) sebesar 4,47%, aktivitas 2 (keaktifan dalam kelompok diskusi) sebesar 14,28%, aktivitas 3 (mengajukan pertanyaan) sebesar 8,04%, aktivitas 5 (menyelesaikan persoalan) sebesar 6,25%, dan aktivitas 6 (mencatat hasil diskusi) sebesar 5,36. Pada aktivitas 4 (mengungkapkan ide atau pendapat) tidak terjadi peningkatan. Dapat disimpulkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi pokok Ekosistem di kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat digunakan sebagai alternatif lain dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Sin p |
Keywords: | belajar; hasil belajar; aktivitas; pembelajaran kooperatif; Teams Games Tournament; ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11349 |