Sitepu, Agus Mienda (2014) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331001 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4103331001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4103331001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4103331001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103331001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4103331001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103331001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103331001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103331001 BAB I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
4103331001 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103331001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swsta Parulian 2 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling total dengan mengambil seluruh kelas X yaitu kelas X IPA 2 dan sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK). Dari hasil penelitian, untuk kelas Eksperimen diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,8057 sedangkan untuk kelas Kontrol adalah 0,5672. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen adalah 80,40% sedangkan pada kelas Kontrol adalah 57,00%. Uji normalitas gain kelas eksperimen diperoleh χ 2 hitung = 05,96 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk gain kelas kontrol diperoleh χ 2 hitung = 02,80 dan dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk gain diperoleh Fhitung = 1,122 dan Ftabel = 1,727, maka sampel homogen. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung= 10,989 dan ttabel = 1,677, sehingga Diperoleh thitung = 10,989 berada pada daerah penolakan Ho di mana, thitung > ttabel (10,989 > 1,667) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dari data yang diperoleh, ranah kognitif yang paling terkembang adalah C2 (pengetahuan) pada kelas eksperimen , yakni sebesar 0,680. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol. Oleh karena itu, penggunaan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Sit p |
Keywords: | prinsip belajar; model pembelajaran; M3PK; pemikiran konstruktivisme; model atom; penyusunan atom; elektron |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11316 |