Lubis, Irwita Sari Lubis (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK PLANTAE DI KELAS XMAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101141014 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4101141014 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4101141014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4101141014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4101141014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4101141014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4101141014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101141014 DAFTAR LMAPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4101141014 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4101141014 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101141014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok plantae di kelas X MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sedangkan sampelnya ada dua kelas. Satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 44 orang dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 43 siswa. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa pada penelitian ini adalah tes hasil belajar pada materi pokok plantae yang terdiri dari 30 soal dalam bentuk soal objektif dengan 5 option.Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament sebesar = 74,02; SD = 10,35, sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar = 44,20; SD = 8,07. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t yaitu diperoleh thitung = 14,99 > ttabel = 1,667 yang berarti Ha diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar biologi kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana prestasi belajar biologi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong sangat baik dengan persentase 100% siswa sudah aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada plantae memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 588.207 12 Lub p |
Keywords: | belajar; mengajar; hasil belajar; pembelajaran; kooperatif TGT; plantae; tumbuhan lumut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11305 |