Emilia, Juwita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROLISI GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131030 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4103131030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4103131030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4103131030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4103131030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4103131030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103131030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103131030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103131030 BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
4103131030 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103131030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibolangit lebih tinggi setelah diberi pengajaran dengan model Problem Possing berbasis kolaborasi dengan media Mind Mapping daripada pengajaran konvensional dan aspek kognitif yang berkembang melalui penerapan model ini pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibolangit terdiri atas 2 kelas dengan jumlah siswa 48 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil yakni seluruh kelas IX IPA,1 kelas sebagai kelas kontrol dan 1 kelas lagi sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (dengan model pembelajaran Problem Posing berbasis kolaborasi dengan media Mind Mapping) dan hasil belajar pada kelas kontrol (dengan model pembelajaran konvensional) dinyatakan berdistribusi nomal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan hasil belajar antara kedua kelas, dimana rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan model pembelajaran Problem Posing berbasis kolaborasi dengan media Mind Mapping adalah sebesar 40,9% sedangkan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional hanya sebesar 26,6%. Adanya perbedaan peningkatan hasil belajar pada kedua kelas penelitian tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dan taraf kepercayaan α=0,05 dimana thitung>ttabel (18,10>1,6931),yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak,sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMA yang diberi pengajaran dengan model Problem Possing berbasis kolaborasi dengan media Mind Mapping lebih tinggi daripada yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam. Ranah kognitif yang berkembang dengan model pembelajaran Problem Posing berbasis kolaborasi dengan media Mind Mapping adalah ranah kognitif pengetahuan (C1) mengalami peningkatan 35%,ranah kognitif pemahaman (C2) 41,3%, ranah kognitif penerapan (C3) 47,1% dan ranah kognitif analisa (C4) 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Emi p |
Keywords: | hasil belajar; taksonomi kognitif; problem possing; mind mapping; hidrolisis garam; larutan garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11273 |