Zulaika, Anisa (2014) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331005 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103331005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
4103331005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4103331005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4103331005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103331005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103331005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103331005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4103331005 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103331005 BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
4103331005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang menerapkan strategi Index Card Match yang dipadukan dengan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Think-Pair-Share pokok bahasan reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Medan sebanyak 510 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara purpusif sampling yakni sebagai kelas eksperimen 1 dan satu kelas eksperimen 2. Masing-masing kelas terdiri atas 38 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen 1 diberi pengajaran menggunakan strategi Index Card Match yang dipadukan dengan model pembelajaran Think-Pair-Share Sedangkan siswa pada kelas eksperimen 2 diberi pengajaran dengan model pembelajaran Think-Pair-Share. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen 1 memiliki rata-rata nilai pre-test 34,87 dan post-tes 88,16 dan siswa pada kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata nilai pre-test 33,29 dan pos-tes 83,55. Persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 81,9% dan pada kelas eksperimen 2 74,9% sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar sebesar 7%. Hasil uji statistik menggunakan uji t pihak kanan menggunakan nilai rat-rata pot test diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 2,798 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,667 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga thitung>ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang menerapkan strategi Index Card Match yang dipadukan dengan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Think-Pair-Share pokok bahasan reaksi redoks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Zul p |
Keywords: | hasil belajar; strategi pembelajaran; index card match; cooperative learning; reduksi oksidasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11272 |