Fitriani, Ranti (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA TOPIK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331043 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103331043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4103331043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4103331043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4103331043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103331043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103331043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103331043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103331043 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
4103331043 BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4103331043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4103331043 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan tanggung jawab siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) serta untuk mengetahui konstribusi nilai tanggung jawab siswa terhadap hasil belajar juga ranah kognitif manakah yang berkembang setelah diajarkan kedua model tersebut pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 6 Medan dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas X.4 dan X.5. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta lembar observasi tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis hasil belajar diperoleh t hitung= 5,65 dan t tabel= 1,9994 dengan kriteria (t hitung > t tabel) berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan dengan yang diajar dengan kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Pada hasil penelitian tanggung jawab diperoleh nilai rerata kelas eksperimen I= 62,08 dan kelas eksperimen II= 55,05 berarti terdapat perbedaan tanggung jawab yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan dengan yang diajar dengan kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dengan adanya konstribusi (korelasi) nilai tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,23 % pada kelas eksperimen I dan 2,9 % pada kelas eksperimen II. Pada kedua kelas terhadap peningkatan hasil belajar dengan nilai (0,72>0,59) dengan ketentuan 0,3≤g≤0,7 berkategori sedang. Dengan Peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan NHT dan CRH didapatkan aspek kognitif yang terkembangkan yaitu pada kelas eksperimen 1 ranah kognitif yang terkembang adalah C2 dan C3 dari C1 (28,64% dan 30,13%<24,17%) dan pada kelas eksperimen 2 ranah kognitif yang terkembang adalah C1 dan C2 dari C3 (27,00% dan 27,55%<21,00%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Fit p |
Keywords: | hasil belajar; tanggung jawab; kooperatif tipe NHT dan CRH; senyawa karbon; alkana; alkena; isomer |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11264 |