Saragih, Melda Afrianti (2013) INOVASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI KOMBINASI METODE KONVENSIONAL DENGAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUBMATERI SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA 2SMA NEGERI 1 PEMATANG RAYAT P 2012 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141057 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
409141057 LEMBAER PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
409141057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409141057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141057 BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
409141057 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409141057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada sub materi sistem indera pada manusia dengan inovasi pembelajaran melalui kombinasi metode konvensional dengan mind mapping peta pikiran di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Pematang RayaPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilakukan dengan dua siklus penelitian yang diamati secara langsung oleh penelti dan guru Pengamatan dilakukan pada 30 orang siswa Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi persentase peningkatan hasil belajar ketuntasan belajar dan hasil dari penilaian peta pikiran yang dikerjakan oleh siswa Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dan lembar penilaian peta pikiran siswa Data dianalisis secara kuantitatifHasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa Siswa yang memperoleh nilai tuntas pada pretes berjumlah 0 siswa pada postes I 18 siswa dan pada postes II meningkat menjadi 29 siswa Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada Pretest adalah 37 67 nilai rata rata postest I adalah 68 dan nilai rata rata siswa pada Postest II adalah 83 77 Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 60%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan seacar kalsikal karena belum mencapai 85 Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa menjadi adalah 96 67 ini lebih besar dari standar ketuntasan klasikal di sekolah tersebut 67 Dalam aspek psikomotorik yaitu penilaian terhadap hasil mind mapping peta pikiran siswa menunjukkan nilai yang baik Untuk penilaian pada peta pikiran pada siklus I siswa mendapatkan persentase rata rata 64 8 dan hasilnya meningkat pada siklus II menjadi 82 4 Dari penjelasan di atas dapat ditemukan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif dan mengembangkan aspek psikomotorik mereka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574 407 12 /Sar/i |
Keywords: | Hasil belajar ; Inovasi ; Metode konvensional ; Indra peraba ; Indra pembau ; Sistem indra pada manusia ; Indra pengicap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11198 |