Novanta, Anni (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA SISWA SMA SWASTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141003 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409141003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
409141003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409141003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409141003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409141003 BAB I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
409141003 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409141003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan model NHT dan model TPS pada materi sistem saraf manusia dikelas XI SMA Swasta RK Serdang Murni Lubukpakam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 164 orang, sedangkan sampel penelitian ini diambil secara cluster random sampling dimana kelas XI IPA 2 sebagai kelas NHT dan kelas IPA 4 sebagai kelas TPS yang mempunyai jumlah 79 orang, dengan masing-masing jumlah siswa tiap kelas sebanyak 40 orang dan 39 orang.Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa yang terlihat adanya perbedaan hasil belajar antara kelas NHT dan kelas TPS, dimana rata-rata hasil belajar siswa kelas NHT sebesar 69,70 dan kelas TPS sebesar 74,77. Untuk aktivitas belajar siswa, rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas NHT sebesar 76,09 % dan kelas TPS sebesar 80,02%, sehingga terdapat perbedaan sebesar 3,93%.Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa pada kelas NHT dan kelas TPS dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = - 2,07dan ttabel= 1,991 dengan dk=77 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 573.807 12 Nov p |
Keywords: | hasil belajar;altivitas belajar; pembelajaran kooperatif; NHT;TPS;Sistem Saraf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11191 |