Manik, Beta Riski (2013) PENGARUH MEDIA KARTU PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP SIKAP KOMUNIKATIF DAN KERJASAMASERTA HASIL BELAJAR SISWA SMA PADAPOKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131010 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
409131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
409131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
409131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409131010 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
409131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
409131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409131010 BAB I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
409131010 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh media kartu yang dikombinasi dengan TGT terhadap hasil belajar kimia siswa SMA serta terhadap karakter komunikatif dan kerjasama siswa; (2) Mengetahui kontribusi karakter komunikatif dan kerjasama terhadap hasil belajar kimia siswa SMA serta (3) Mengetahui ranah kognitif yang terkembangkan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA KTSP 2006. Sampel penelitian diambil secara random sebanyak 3 kelas dari 4 kelas paralel yang ada. Kelas eksperimen I pengajaran media kartu yang dikombinasi dengan TGT, kelas eksperimen II TGT tanpa media serta kelas eksperimen III dengan metode Direct Instruction. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pilihan ganda dan sudah memenuhi kriteria. Untuk menjaring data karakter komunikatif dan kerjasama siswa digunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Analisis of Varians (ANAVA) dan uji koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan karakter komunikatif dan karakter kerjasama serta hasil belajar kimia siswa SMA yang diajar dengan media kartu yang dikombinasi dengan TGT dengan yang diajar tanpa media dan metode Direct Instruction; (2) Karakter komunikatif siswa berkontribusi secara signifikan (80,13%) terhadap hasil belajar kimia siswa SMA, sedangkan karakter kerjasama siswa kurang berkontribusi (33,14%) terhadap hasil belajar kimia siswa SMA serta (3) Ranah kognitif yang terkembangkan dari penggunaan media kartu yang dikombinasi dengan TGT adalah ranah kognitif C2 (86,73%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 412 Man p |
Keywords: | Model pPembelajaran Kooperatif; Kooperatif Ipe TGT; Media Kartu; Pembelajaran Langsung; Pendidika Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11157 |