Sihite, Dewi Yuliana (2013) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAME AND TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431007 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409431007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
409431007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409431007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409431007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409431007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409431007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409431007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409431007 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
409431007 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409431007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Team Games and Tournament) menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Deli Tua kelas X tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas yaitu sebagai kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yang diambil dengan cara sampling purposif. Kelas eksperimen 1 diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep. Sementara kelas eksperimen 2 diajar dengan menggunakan model konvensional menggunakan media peta konsep. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep (82.059±6.527) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional menggunakan media peta konsep (77.188±6.082). Analisis statistik menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan mengunakan media peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan media peta konsep (pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak / pihak kanan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2.658> 1.658). Dengan melihat keberhasilan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep maka perlu diaplikasikan penelitian ini dalam pengajaran materi kimia lainnya ataupun diluar mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Sih p |
Keywords: | karakteristik pembelajaran kimia; pembelajaran konvensional; model pembelajaran TGT; media peta konsep; atom karbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11144 |