Ramadani, Inda (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT(NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKANMEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATANHASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XIISMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331024 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409331024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
409331024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409331024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409331024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409331024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331024 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
409331024 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409331024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaranmodel kooperatif tipe NHT Numbered Head Together dengan media petakonsep terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok HidrokarbonPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMK Negeri 1Percut Sei Tuan yang terdiri dari 19 kelas Pengambilan sampel dilakukan dengancara teknik sampling purposif dengan mengambil 1 kelas dari masing-masingjurusan TP TU dan jurusan TPBO untuk diberikan pre-test yang bertujuanmenentukan kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 Untuk kelas eksperimen 1akan diberi pengajaran dengan model NHT menggunakan media peta konsepsedangkan untuk kelas eksperimen 2 akan diberi pengajaran dengan media petakonsep saja Kedua kelas berjumlah 24 orang siswa Instrumen yang digunakanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa adalah tes hasil belajarsebanyak 18 soal dalam bentuk pilihan ganda. Hasil pengolahan datamenunjukkan siswa pada kelas eksperimen 1 memiliki rata rata nilai pre-test33 93 dan post test 66 92 dengan rata-rata gain sebesar 0 50 Sedangkan siswapada kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata nilai pre test 30 46 dan post test 58 21dengan rata-rata gain sebesar 0 398 Untuk persentase peningkatan hasil belajarkelas eksperimen 1 sebesar 50 dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 39 8Selisih dari persentase peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen I daneksperimen II sebesar 10 2 Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihakmenggunakan nilai rata-rata post-test diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 329sedangkan nilai ttabel sebesar 2 0147 pada taraf signifikan 0 05 sehingga thitung ttabel Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran NHTdengan media peta konsep terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547 010 71 /Ram/p |
Keywords: | Belajar kimia ; Pembelajaran Kooperatif ; Tipe Nht ; Media pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11132 |