Suhardi (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131077 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409131077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409131077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409131077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
409131077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
409131077 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
409131077 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409131077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional (ceramah) pada pokok bahasan sistem koloid.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 3 MEDAN Tahun Ajaran 2012/2013 pengambilan sampel secara purposive sampling dan diperolehlah dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Kelas eksperimen diberi pengajaran model make a match dan kelas control diberi pengajaran konvensional.sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 35,62+ 8,41 dan setelah diberikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match diperoleh hasil belajar siswa sebesar 88,37 + 7,67. Sedangkan untuk siswa kelas kontrol sebelum dilakukan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa sebesar 36,50 + 6,62 dan setelah diberikan pembelajaran konvensional (ceramah) diperoleh rata-rata hasil belajar kimia siswa sebesar 83,62 + 6,30.Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 3,06 > 1,67 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima yang berarti hasil belajar kimia siswa antara yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi pokok Sistem Koloid. Dari hasil perhitungan gain antara post-tes dan pre-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh besarnya gain pada kelas eksperimen adalah 81% dan pada kelas kontrol adalah 72%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Suh p |
Keywords: | pembelajaran kimia; tipe make a match; media pengajaran; windows movie maker; penggolongan koloid; pembuatan koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11128 |