Ginting, Gina Ria (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER NHT DENGAN TIPETHINK PAIR AND SHARE TPS TENTANG SISTEM GERAK TUMBUHAN DI KELAS VIIISMP NEGERI 1 BAKTIRAJA TAHUN PEMBELAJARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141030 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409141030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
409141030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
409141030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141030 BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
409141030 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409141030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswaranah kognitif dan afektif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Head Together NHT dengan tipe Think Pair and Share TPS tentangSistem Gerak Tumbuhan kelas VIII SMP Negeri 1 Baktiraja Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baktiraja yang terdiriatas 5 kelas Sampel diambil secara Purposive Sampling dan diperoleh sampeluntuk kelas VIIIB NHT berjumlah 34 orang dan kelas VIIIC TPS berjumlah36 orang Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajarsiswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal dan lembar observasiafektif yang di validasi terlebih dahulu Hasil analisis data menunjukkan pretestkelas NHT 40 01 7 95 dan pretest kelas TPS 41 01 8 69 Sehingga dapatdiketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awalsiswa kelas NHT dengan kelas TPS Sedangkan pada postest kelas NHT 70 78 7 99 dan postest kelas TPS 78 28 8 78 Setelah dilakukan uji t dengan tarafsignifikan 0 05 maka diperoleh thitung 3 65 dan ttabel 1 98 dengan dk 68dan taraf signifikansi 0 05 Berdasarkan kriteria Ho diterima jika t1 t t1 maka penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha Sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar denganmodel pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe TPS tentang Sistem GerakTumbuhan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baktiraja Begitu juga dengan lembarobservasi afektif pada kelas TPS lebih tinggi yaitu 78 05 sedangkan pada kelasNHT 75 25 Sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar ranah kognitif danafektif biologi siswa kelas TPS lebih tinggi dari pada kelas kelas NHT Hasilstudi ini mengimplikasikan keberhasilan model pembelajaran kooperatif tipe TinkPair and Share TPS tentang Sistem Gerak Tumbuhan sehingga perludipikirkan untuk aplikasi model pembelajaran ini dalam pembelajaran materi lainterutama materi yang memerlukan praktikum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581 307 12 /Gin/p |
Keywords: | Belajar ; Hasil belajar ;Model pembelajaran kooperatif ; Nht ; Tps ; Sistem gerak tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11122 |