Pakpahan, Hiarohana (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE MAKE A MATCH MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ONANGRUNGGU T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141035 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409141035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409141035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409141035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409141035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409141035 DAFATR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409141035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141035 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
409141035 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409141035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasilbelajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw dan MakeA Match mengenai Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di Kelas XI SMAN 1 Onanrunggu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalahseluruh populasi. Kelas eksperimen pertama berjumlah 40 siswa dan kelaseksperimen kedua berjumlah 38 siswa yang ditentukan dengan cara random. Kelaspertama dengan menggunakan model Jigsaw dan kelas yang kedua denganmenggunakan model Make A Match.Hasil belajar yang diperoleh dari tes menunjukkan bahwa ada perbedaanhasil belajar pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan pada Manusiadengan menggunakan model Jigsaw dengan yang menggunakan model Make AMatch. Skor rata-rata kelas eksperimen pertama adalah 80, standard deviasi = 8dan skor rata-rata kelas eksperimen kedua adalah 75,15; standard deviasi = 7,153.Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,52% lebih tinggi di kelasyang menggunakan model Make A Match daripada kelas yang menggunakanmodel Jigsaw. Selain itu ditemukan juga bahwa ada perbedaan peningkatanaktivitas belajar siswa sebesar 0,52 lebih tinggi di kelas yang menggunakan modelJigsaw (80,52) daripada kelas yang menggunakan model Make A Match (80).Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitianberdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians(homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung =2,82 dan ttabel=1,92 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.107 1 Pak p |
Keywords: | Model jigsaw; Model make a match; Hasil belajar siswa; Aktivitas belajar siswa; Sistempencernaan pada manusia; Mulut; Lambung; Hati dan pankreas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11100 |